0

4 Sayur di Pekarangan Rumah, Kenangan Masa Kecil

Sebagai anak yang tinggal di desa. Menikmati sayuran masakan Ibu hasil panen di pekarangan itu hal biasa. Saat dewasa seperti inu, terkadang jadi rindu dengan sayur-sayur itu yang memang sulit dicari di pasaran.

Setidaknya, ada 4 jenis sayuran yang paling saya ingat. Antara lain:

1. Daun Kelor

Jauh sebelum daun kelor seterkenal seperti sekarang khasiatnya. Mengonsumsi daun kelor itu adalah hal biasa. Sebab, banyak orang dikampungku yang menanamnya.

Ternyata setelah diteliti ada banyak sekali manfaat daun kelor. Makanya banyak sekaku produk kesehatan yang menjadikannya sebagai bahan utama. Salah satunya jamu tetes modern Mosehat.

Mosehat merupakan obat herbal yang memang diformulasikan khusus untukĀ  mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit sinusitis. Testimoni Mosehat bisa kamu temui di google dengan mudah.

2. Daun Ubi Jalar

Ada satu tetangga saya suka menanam ubi jalar di pinggur rumahnya. Ibu saya juga pernah menanamnya. Ubi jalar yang ditanam di pekarangan tujuannya pasti untuk dipanen daunnya sebagai sayuran. 

Daun yang diambil tentu daun mudanya. Dan sayur daun ubi jalar itu enak juga loh. Bisa dibuat kuah bening. Bisa juga ditumis seperti kangkung. Saya sendiri pernah kepikiran untuk mengolahnya menjadi urap.

3. Bayam Duri

Apa bedanya bayam duri dengan bayam biasa yang ada dipasaran? Bayam biasa yang sering kita temui di pasar itu namanya bayam cabut. Pendek dan biasanya langsung dicabut ketika hendek dikonsumsi.

Nah bayam duri ini nama lainnya bayam liar. Dia tumbuhnya tinggi. Bisa sampai 1,5 meteran. Di bagian batangnya memang ada sedikit duri-duri halus. Umurnya bisa tahunan.

Daun bayan duri biasanya juga lebar-lebar. Bahkan bisa selebar telapak tangan orang dewasa. Menurut saya pribadi, daun bayam duri jauh lebih gurih dibandingkan bayam cabut.

Yap, ketiga tanaman yang saya sebutkan di atas merupakan tanaman yang sering dijadikan sayuran oleh iby ketika saya masih kecil. Tak perlu membeli karena kami biasa menanamnya di pekarangan rumah.

Ah, beneran deh saya kangen dengan sayur-sayur itu, apalagi makan sayur kelor yang ternyata ada banyak sekali manfaatnya. Salah satunya menjadi bahan utama untuk Mosehat. Mana sudah banyak sekali testimoni mosehat yang dibagikan oleh penggunanya.

mylifestyleblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *